Jumat, 13 Juni 2014


Nama               : Corry Khaerunizza
Nirm                : 432231203000
Mata Kuliah    : Sejarah Pergerakan Kebangsaan Indonesia
Dosen              : Mudriah, M.Pd.

SUMPAH PEMUDA ANTARA IDEALISME DAN REALISME
PENDIDIKAN POLITIK

Bahasan tentang idealisme dan realisme pendidikan politik dari Sumpah Pemuda berarti mencari makna ide politik yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, dan sekaligus apa wujud pendidikan politik dari Sumpah Pemuda tersebut. Untuk mengungkap hal tsebut diperlukan wacana bahasan tentang apa sebenamya yang harus ada dalam politik itu sendiri, makna pemuda, dan kenyataan dari ide yang dicetuskan para pemuda melalui Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda yang terjadi pada tahun 1928 yakni pada masa penjajahan Belanda, berarti ada makna perjuangan pemuda sebagai anak bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsanya melalui penyataan, tekad, dan ikrar Sumpah Pemuda tersebut.
Para pemuda melakukan kegiatan politik dalam arti yang luas, yaitu merupakan suatu sistem yang sating bersangkut paut. Sebagai suatu sistem, politik meliputi tiga hal, yaitu:
1.      Kultur Politik, yaitu nilai rohaniah serta lembaga-lembaga yang menata kehidupan politik, yang berasal dari adat, agama, filsafat atau sejarah masyarakat yang bersangkutan.
2.      Struktur Politik, yaitu kerangka hubungan formal yang mengatur hubungan rakyat, pemerintah, wilayah, dan kedaulatan negara yang bersangkutan. Struktur politik ini pada dasarnya termuat dalam Undang-Undang Dasar Negara yang bersangkutan dan tampak dalam praktik ketatanegaraan.
3.      Proses Politik, adalah kegiatan politik itu sendiri dalam kenyataannya yang motivasinya bersumber dari kultur politik masyarakat yang bersangkutan dan dilaksanakan dalam kerangka Struktur politiknya yang ada.( Safroedin Bahar, 1989 : 101)
Sebagai contoh penerapan kegiatan politik pemuda adalah dalam segi kepemimpinan gerakan pemuda dipegang oleh kaum intelektual yang berideologi nasionalisme, baik etno-nasionalisme maupun religio-nasionalisme. Mereka terdiri atas sekelompok kaum terpelajar, tamatan sekolah guru, sekolah dokter jawa, dan sekolah pamong praja.
Berkat pendidikan yang diperoleh, yang berarti kedudukan sosial penuh wibawa, kaum elite baru ini mengalami keresahan, tidak lain karena di mana-mana mereka masih membawa stigma sebagai inlander yang mengalami diskriminasi oleh kaum Eropa, meskipun tingkat pendidikan mereka menyamai kaum Eropa. (Sartono Kartodirdjo, 1998 : 104)
Kondisi inilah yang akhirnya membuat berdirinya Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908, dan sejaksaatitu timbullah Pergerakan Nasional. Adapun tentang nama Budi Utomo ini iala budi" artinya perangai atau tabiat dan "utomo" artinya baik, luhur. "Jadi Budi Utomo yang dimaksud oleh pendirinya ialah perkumpulan yang akan mencapai sesuatu berdasarkan keluhuran budi, kebaikan perangai, atau tabiat". (Susanto Tirtoprodjo, 1970  : 11-12)
Perkumpulan Budi Utomo ini bergerak dan mengorganisir diri serta berjuang untuk menyatukan tekad mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa. Kebangkitan Nasional telah lahirdari kalangan pemuda. Bahkan mereka telah menjadi angkatan perintis kemerdekaan. Pelecehan terhadap pribadi serta perasaan kompleks inferioritas menimbulkan rasa kehilangan identitas.
Penderitaan kolektif itu mendorong pemuda untuk membentuk organises! sebagai wadah solidaritas yang sekaligus dapat dipakai sebagai simbol identitas kolektif mereka. Proses modernisasi yang sedang dihadapi para pemuda tersebut mengalami suatu transformasi struktural dari ikatan komunal menjadi ikatan asosional. Maka, momentum pendirian Budi Utomo dijadikan tonggak sejarah dalam sejarah Indonesia.
Perlawanan secara fisik beralih bentuknya dengan berwujud pendidikan dan organisasi dengan tujuan membangkitkan kesadaran berbangsa (nasionalisme), pentingnya persatuan untuk menuju pada negara merdeka, agar tercapai masyarakat yang adil dan makmur. Tidak berselang lama sesudah berdirinya Budi Utomo, segera diikuti dengan tumbuhnya organisasi-organisasi lain seperti Sarekat Islam, Indische Partij, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Taman Siswa, Jong Pasundan, Jong Sumatera, Jong Celebes, Jong Ambon, dan sebagainya. Berdirinya organisasi tersebut memberikan wadah sosial kaum terpelajar sekaligus memberikan identitas baru kepada generasi muda terpelajar.
Memang perlu diakui bahwa etnosentrisme masih kuat dan cakrawala mental belum dapat mentransendensikan faktor etnisitas. Di pihak satu, generasi muda secara keseluruhannya menampilkan citra pluralistik serta etnisitas yang mencolok dan di pihak lain menampilkan etnonasionalisme. Transformasi dari etnonasionalisme menjadi nasionalisme sepenuhnya adalah proses yang amat krusial dan hanya dapat dilaksanakan melalui aksi massa. (Sartono Kartodirdjo, 1999 : 61-62)
Nama Indonesia ialah Perhimpunan Indonesia (PI) yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Indische Vereeniging, sebagai organisasi terkemuka mahasiswa Indonesia di Belanda. Sumpah Pemuda berskala lebih besar dan terbuka, iebih massal dan dihadiri oleh lebih banyak pemuda, lebih bergairah dan bersemangat sehingga lebih banyak member! inspirasi dan publisitas (Sartono Kartodirdjo, 1999: 63).
Nasionalisme Indonesia makin terwujud dengan hasil Kongres Pemuda II tanggal 27-28 Oktober 1928 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang didirikan tahun 1926 di Jakarta, Kongres ini menghasilkan Sumpah Pemuda yang isinya:

1.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia.
2.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia.
3.      Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.
Dari hasil Konggres Pemuda II makin nyata pulalah perjuangan para pemuda mewujudkan integritas nasional sehingga dengan adanya peristiwa tersebut para pemuda dijuluki dengan Angkatan Penegas.
Rangkaian kejadian selama periode 1908-1945 merupakan mata rantai yang secara keseluruhan menunjukkan semangat nasionalisme pada rakyat Indonesia. Pantas disimak ungkapan yang diketengahkan oleh Sartono Kartodirdjo yang member! istilah "adanya jenjang yang progresif" sebagai berikut :
1.      Sejak sekitar tahun 1900 gerakan emansipasi dilancarkan dengan dipelopori oleh Kartini.
2.      Simbolisasi merupakan proses mencari identitas baru meskipun belum mentransendensi etnisitas. BO, SI, Muhammadiyah, dan sebagainya berfungsi sebagai lambang identitas baru menggantikan identitas primordial.
3.      Politisasi gerakan secara tajam merumuskan konsep dasar nasionalisme Indonesia, kemudian lebih dikenal sebagai Manifesto Politik oleh Perhimpunan Indonesia.
4.      Kesadaran nasional secara bulat dirumuskan sebagai Sumpah Pemuda.
5.      Proses Indonesiasi memacu radikalisasi dalam bidang politik sebagai reaksi terhadap politik kolonial yang makin konservatif, tanpa mengurangi makna dan nilai Sumpah Pemuda. Sesungguhnya, Manifesto politik tahun 1925 tidak hanya muncul lebih dahulu, melainkan juga perumusannya tentang nasionalisme Indonesia lebih mendasar serta penjabarannya lebih konkret dalam penyusunan orientasi tujuan gerakan politik.  (Ibid, : 56-57)
Makna integrasi nasional makin membahana dalam jiwa juang pemuda. "Masalah integrasi nasional menurut Coleman dan Rosberg, proses pemersatuan bangsa di suatu negara terdiri atas dua dimensi, yaitu vertikal (elite-massa) dan horizontal (teritorial)".
Integrasi vertikal mencakup masalah-masalah yang ada dalam bidang yang vertikal dan bertujuan untuk menjembatani celah perbedaan yang mungkin ada antara kaum elite dan massa dalam rangka pengembangan suatu proses politik terpadu dan masyarakat politik yang berpartisipasi. Mereka menamakan juga dimensi vertikal ini sebagai integrasi politik. Adapun yang dimaksudkan dengan integrasi teritorial adalah integrasi dalam bidang horizontal dengan tujuan untuk mengurangi diskontinuitas dan ketegangan kultur kedaerahan dalam rangka proses penciptaan suatu masyarakat politik yang homogen. Kedua dimensi integrasi nasional vertikal dan horizontal itulah yang dilaksanakan oleh bangsa Indonesia, khususnya pada pemuda sebagai pelopornya. Integrasi nasional dimensi horizontal menyangkut lebih dari tujuh belas ribu pulau, masalah geografis, heteroginitas etnik yang lebih dari tiga ratus suku bangsa dan menggunakan lebih dari dua ratus lima puluh bahasa yang berbeda, agama yang beragam, serta rasa kesukuan yang mendalam dan identitas politik yang sangat kuat. Integritas nasional dimensi vertikal menyangkut antara kaum elite dan massa, dan juga antara golongan elite sendiri. (Salroedin Bahar-Tangdililing, A.B. 1996 : 4)
cirinya yang bersifat unik Secara horizontal, ia ditandai oleh kenyataan adanya kesatuan-kesatuan sosial berdasarkan perbedaan-perbedaan suku-bangsa, agama, adat, serta kedaerahan. Secara vertikal, struktur masyarakat Indonesia ditandai oleh adanya perbedaan-perbedaan vertikal antara lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam. Perjuangan untuk mewujudkan integrasi nasional itu sendiri sudah merupakan suatu perjuangan yang berat, apalagi harus berhadapan dengan penjajah. Namun, itulah risiko perjuangan, dan pemuda Indonesia membuktikan keberhasilannya. Peristiwa di sekitar Proklamasi merupakan bukti keberhasilan upaya yang di perjuangkan oleh para pemuda. (Nasikun, 1989 : 30)
Namun, sebagai gerakan budaya, Budi Utomo tetap penting karena banyak memberikan sumbangan dalam merumuskan cita-cita kemajuan. Jasa umat Islam yang merupakan sebahagian besar penduduk Indonesia baik menjelang kemerdekaan maupun pascakemerdekaan, kiranya pantas pula diketengahkan di sini. Mengenai hal ini Ramage menyatakan bahwa banyak organisasi kebudayaan Islam dan organisasi ekonomi Islam yang didirikan pada awal abad XX seperti Sarekat Islam yang didirikan tahun 1912, Muhammadiyah yang modern juga didirikan pada tahun 1912, dan Nahdatul Ulama yang tradisional yang didirikan tahun 1926, semuanya telah memberikan sumbangan terhadap perwujudan suatu jati diri nasional Indonesia. "Orang-orang muslim Indonesia telah lama berkecimpung dalam perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan. (Ramage, Douglas E., 1995 : 15)






Daftar Pustaka

Saafroedin Bahar, et.al, Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Tahap Lanjutan,  
Jakarta: Penerbit Intermedia, 1989.
Sartono Kartodirdjo, Multi Dimensi Pembangunan Bangsa Etos Nasionalisme dan  
Negara Kesatuan, Yogyakarta: Kanisius, 1998.
Susanto Tirtoprodjo, Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia, Jakarta: PT.  
Pembangunan, 1970.
Sartono Kartodirdjo, Ideologi dan Teknologi dalam Pembangunan Bangsa,  
Jakarta: Pabelan Jayakarta, 1999.
Saafroedin Bahar-Tangdililing, A.B., Integrasi Nasional Teori, Masalah dan  
Strategi, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.
Ramage, Douglas E. Politics In Indonesia, London and New York: Routledge,  
1995.
Nasikun, Sistem Sosial Indonesia, Jakarta: CV.Rajawali, 1989.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar